Tutorial Desain Rumah Dengan AutoCAD (bag 1)

Offset

Denah rumah

atau siteplan biasanya hal yang pertama kali dibuat oleh seorang drafter ketika mereka akan mendesain sebuah rumah ataupun sebuah kawasan tata kota. Denah atau siteplan ini menginformasikan luas area bidang yang akan dibangun sebuah rumah ataupun kawasan tata kota tersebut. Dengan adanya denah atau siteplan yang telah dibuat maka seorang drafter akan mudah untuk memulai rancangannya dari segala aspek.

Pada tulisan saya kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat denah rumah dengan menggunakan AutoCAD 2010. Tulisan ini adalah bagian tahap awal dari tutorial saya tentang bagaimana “Cara Membuat Desain Rumah Dengan AutoCAD” dan Anda dapat mempelajari bagian-bagian yang lainnya dengan membaca tutorial tersebut.
Untuk membuat denah rumah dengan menggunakan AutoCAD 2010 berikut adalah langkah-langkahnya :
  1. Buka program aplikasi AutoCAD pada komputer Anda.
  2. Setting Units yang akan dipakai melalui Menu > Drawing Utilities > Units
    AutoCAD
  3. Setelah itu akan muncul menu Drawing setup. Pada menu ini aturlah satuan ukuran yang ingin anda gunakan. Untuk tutorial ini saya menggunakan satuan millimeter ( mm ).
  4. Lalu pada tab scale aturlah skala yang akan digunakan dan untuk tutorial ini saya menggunakan skala 1 : 100 .
  5. Aturlah sudut pandang gambar ke arah sudut pandang Top melalui menu View.

Ok, sampai sini kita sudah mengatur area kerja yang akan kita buat. Tahap selanjutnya kita bisa memulai membuat denah rumah dengan menggunakan garis layer yang telah kita buat sebelumnya. Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara membuat dan mengatur layer anda bisa lihat pada tulisan saya yang membahas bagaimana “Cara Membuat Layer Pada AutoCAD”. Lalu buatlah denah rumah yang Anda inginkan, tetapi saya sarankan sebagai bahan latihan buatlah denah rumah seperti yang sudah saya buat berikut ukurannya agar mempermudah Anda untuk mempelajari tutorial saya selanjutnya yaitu “Cara Membuat Dinding Rumah Pada AutoCAD”. Lihat contoh denah rumah pada gambar dibawah ini :

  • Langkah 1. 

Pada program AutoCAD anda buatlah denah seperti pada gambar dibawah ini dan jangan lupa tempatkan denah tersebut pada layer “denah”.

Denah Rumah
  • Langkah. 2
Berikan offset sebesar 75 di kedua sisi garis.
Offset
  • Langkah 3

Pada layer tersebut, buat garis dengan Polyline menyusuri garis-garis pada layer “Denah” lalu matikan layer “Denah”.

Membuat Dinding
  • Langkah 4

Extrude denah tersebut menjadi kotak dengan ketinggian 3000

Extrude
Demikian langkah-langkah untuk pembuatan denah dan dinding lantai 1. Setelah tahap ini selesai, selanjutnya Anda akan membuat lantai 2 dan untuk pembahasannya dapat Anda lihat di sini >>> Tutorial Desain Rumah Bagian ke 2

6 comments on “Tutorial Desain Rumah Dengan AutoCAD (bag 1)

  1. di autocad 2013 kok gak da drawing setup yaa…adanya cm unit. gimana cara mengatur skalanya

  2. COKYARTMAND on said:

    mantab,,bisa belajar bnyak lagi ngk sama agan??

  3. sahir ali on said:

    wah artikelnya mantap dan gak pelit. Moga anda diberi ramat dari Allah, amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

14,546 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>